Topik-I: Analisis Jaringan dan Server Berdasarkan Kebutuhan


Tujuan Pembelajaran Topik - I:
Kegiatan belajar Topik-I ini, diharapkan peserta dapat:
1. Menganalisis kebutuhan perangkat jaringan dan server.
2. Menganalisis perangkat lunak pada jaringan berbasis klien-server.

Analisa kebutuhan merupakan suatu proses yang gunanya untuk mendapat informasi, model, spesifikasi mengenai perangkat keras maupun perangkat lunak (software) yang diinginkan. Analisa kebutuhan jaringan komputer mengandung arti analisa terhadap kebutuhan Komputer jaringan dari 2 komputer atau lebih yang saling terhubung dan dapat saling bertukar data (berkomunikasi) untuk mencapai tujuan tertentu.

A. Analisa Kebutuhan Perangkat Keras
Berdasarkan kebutuhan perangkat keras jaringan komputer harus mengacu pada analisis aspek-aspek berikut ini:

  • Menentukan topologi jaringan berdasarkan infrastruktur.
  • Menentukan besarnya kapasitas jaringan berdasarkan kebutuhan bisnis tersebut.
  • Mempertimbangkan fitur-fitur fisik perangkat dan teknologi yang akan digunakan dikaitkan dengan kebutuhan dan topologi jaringan.
  • Merencanakan/memetakan besaran bandwidth setiap segmen/unit kerja bila diperlukan.
Menentukan spesifikasi server berdasarkan kebutuhan hingga 5 tahun kedepan (bila dibutuhkan)

Secara konsep analisis jaringan LAN dan WAN pada hakekatnya adalah sama, yang membedakannya hanya jenis perangkat yang akan digunakan yaitu:
1) Perangkat yang digunakan  pada jaringan LAN.




2) Perangkat yang digunakan pada Jaringan WAN.



Dari hasil analisis tentu akan terkait juga dengan  kebutuhan software  yang mampu menjalankan semua kebutuhan  yang diinginkan oleh user, termasuk didalamnya perangkat keras yang mendukung untuk menjalankan hal tersebut. 

B. Analisa Kebutuhan Perangkat Lunak Server

Komputer server merupakan perangkat yang didalamnya terinstal sistem operasi jaringan, yang sengaja dibangun untuk melayani berbagai komunikasi data dari user (klien). Komputer klien umumnya adalah komputer dengan sistem operasi klien baik desktop ataupun mobile. Analisa perlu dilakukan untuk mengetahui server seperti apa yang akan dibangun.
Penentuan kebutuhan akan sistem operasi jaringan dapat diketahui dengan memahami user yang akan menggunakan sistem tersebut. Sistem yang dipilih diharapkan merupakan sistem yang mampu menjalankan semua kebutuhan aplikasi yang diinginkan oleh user, termasuk didalamnya perangkat keras yang mendukung untuk menjalankan hal tersebut.

Kecocokan perangkat keras dan perangkat lunak yang ada dalam sistem komputer ini biasa dikenal dengan istilah kompatibilitas. Kompatibilitas ini dapat diketahui melalui tipe jaringan yang digunakan. Jaringan Linux mampu menghubungkan berbagai distro linux termasuk juga dari berbagai versi dari sistem operasi Windows dan Mac Os.

Berikut merupakan panduan yang dapat digunakan untuk menentukan sistem operasi terbaik untuk perangkat server sesuai kebutuhan user.
  1. Apakah ada kebutuhan pengolahan data dengan aplikasi khusus? Bila ada maka penentuan sistem operasi dapat dilihat berdasarkan aplikasi khusus tersebut.
  2. Apakah aplikasi-aplikasi tersebut mendukung lingkungan multi-user atau user tunggal? Ini dapat menentukan apakah akan diinstall di komputer server atau client. Selain itu ini dapat digunakan untuk menentukan bagian mana dari pengolahan data nanti yang bisa disimpan di server.
  3. Apakah ada data (file) yang dibagi dalam jaringan? Jika ada, maka sebaiknya menggunakan sistem operasi jaringan yang mampu menjaga kompatibilitas format data-nya.
Sebagai contoh, apabila dalam jaringan ada kegiatan berbagi dokumen teks seperti file berekstensi .doc, maka server dapat menyediakan aplikasi seperti LibreOffice atau WPS Office untuk dapat digunakan oleh user untuk membuka file tersebut termasuk juga menyediakan layanannya seperti server FTP.

Berikut merupakan Daftar Aplikasi dan fungsinya (klik) yang umum digunakan pada jaringan komputer





Posting Komentar

[disqus][blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget