Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting


Berikut dibawah ini bahasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan shared hosting dilihat dari sisi hardware, sistem, SDM, perusahaan pengelola hosting dan pertimbangan biaya.Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting – Shared hosting merupakan sebuah layanan hosting berbagi, artinya bebarapa atau banyak akun hosting disimpan dalam satu server.

Di dalam satu server tersebut bisa terdapat ratusan bahkan ribuan akun tergantung spesifikasi server itu sendiri dan tergantung seberapa handal perusahaan hosting tersebut memanagenya. Semakin tinggi spesifikasi server maka semakin memungkinkan memuat akun lebih banyak.

Akun ini bisa diisi hanya berupa file saja, website, hanya berupa email atau aplikasi tertentu dll.

Banyaknya akun di server pada umumnya diperuntukan untuk tujuan bisnis dengan cara membuat paket-paket lebih kecil sesuai harga yang ditawarkan.

Bisa saja memiliki server dengan sepesifikasi tinggi namun di dalamnya hanya terdapat beberapa akun bahkan hanya satu akun, biasanya hanya untuk keperluan pribadi atau perusahaan yang bersifat khusus.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan shared hosting.

Kelebihan

Tidak perlu memikirkan pemeliharaan :

  • Ketika terjadi kegagalan sistem
  • Kerusakan hardware
  • Masalah jaringan
  • Update sistem
  • Upgrade hardware
  • Serangan hacker yang mengganggu inti server dan jaringan
  • Penyediaan server backup
  • SDM untuk admin sistem dllBerapapun banyak nya biaya yang harus dikeluarkan untuk pemeliharaan, Anda tidak perlu memikirkannya. Semua ditanggung dan di maintenance oleh penyedia layanan hosting tersebut. Pemilik website hanya fokus mengoptimalkan website dan penggunaan akun tersebut.

Kekurangan

  • Berbagi sumber daya server seperti RAM, CPU, Harddisk dll
  • Memiliki keterbatasan jika ingin upgrade hardware kecuali pindah ke VPS, Dedicated server atau colocation
  • Jika satu akun bermasalah misal melakukan spam dan IP server terblock di beberapa layanan email maka semua terkena imbasnya.

Contoh konkritnya email hosting Anda tidak bisa kirim email ke gmail/email tidak diterima gamil karena IP pengirim terindikasi spam. Satu-satu nya yang bisa mengatasi ini adalah penyedia hosting itu sendiri. Langkah yang biasa dilakukan adalah suspend akun yang bermasalah kemudian memberi tahu kepada pemilik akun supaya membenahinya dan selanjutnya kontak gmail supaya di whitelist.

( dengan kejadian seperti ini pastikan memilih layanan web hosting profesional, jangan ragu bertanya kepada mereka tentang kualitas server yang akan Anda sewa )

Apakah ada ketika Anda ingin menggunakan server tersendiri namun tidak ingin direpotkan masalah pemeliharaan. Ada, yaitu menggunakan dengan apa yang disebut Manage Server. Layanan Manage Server merupakan sebuah layanan dimana server yang Anda beli di manage oleh SDM profesional khusus untuk Anda sendiri.

Kesimpulannya gunakan shared hosting terkait pertimbangan biaya, banyak penyedia shared hosting memiliki layanan berkualitas dengan akses cepat dan stabil. Jikapun menggunakan Dedicated server itu tidak akan menjamin kualitas hosting lebih baik kalau tidak di dukung admin server yang berpengalaman.

Kategori:
Reaksi:

Posting Komentar

[disqus][blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget