Tips Perawatan Fisik Hardisk dan Perawatan Digital

















Cukup sederhana sebenarnya untuk dapat merawat hardisk agar selalu sehat dan mampu memberikan kinerja yang baik yang tentunya juga sangat berkaitan pula dengan software ( sistem operasi dan program aplikasi) yang digunakan.

  Sudahkah kamu 'Care' dengan hardisk komputermu ? cek dan lakukan beberapa rule perawatan hardisk berikut ini :



- Biasakan Shutdown

Matikan komputer secara prosedur, yaitu menjalankan Shutdown atau Turn Off. Hindari mematikan komputer secara langsung, yaitu mencabut arus listrik pada komputer yang sedang aktif. Hal ini akan membuat hardisk jebol/rusak.

- Periksa Arus Listrik

Pastikan kondisi listrik dirumah atau kantor lokasi komputer berada dalam keadaan yang selalu stabil. Jika listrik tidak stabil, tegangan naik-turun dan sering mati-menyambung yang secara otomatis membuat komputer mati secara tiba-tiba, segeralah lengkapi komputermu dengan stavolt ( stabilizer voltase ) atau yang lebih baik lagi dengan UPS ( Uninterruptible Power Supply). UPS mampu menjalankan komputer antara 10 sampai 60 menit setelah listrik padam, tergantung beban yang ditanggungnya. Waktu tersebut cukup untuk menyimpan pekerjaanmu sekaligus men-shutdown komputer secara prosedur demi keselamatan hardisk.

1. Tips Perawatan Fisik Hardisk

Berikut ini beberapa tips merawat hardisk secara fisik :

  • Hindari guncangan dan benturan pada hardisk komputer yang mengakibatkan head membentur platter yang tidak semestinya dan merusak hardisk tersebut.
  • Jangan mengkoneksikan kabel hardisk saat komputer sedang aktif , agar tidak terjadi konsleting pada hardisk. Pasang hardisk pada saat komputer off.
  • Kondisikan suhu PC termasuk hardisk dalam batasan yang wajar. Meskipun sepele, panas yang berlebihan bisa membakar hardisk. Pasanglah kipas yang cukup untuk mengimbangi sirkulasi udara dalam CPU.
2. Tips Perawatan Digital

Perawatan digital yang dimaksud ialah merawat isi/data dalam hardisk menggunakan beberapa utility khusus.

  • Bersihkan hardisk dari sampah registry ( catatan setting-an sebuah program yang disimpan oleh OS/Windows) yang masih tersisa walaupun program tersebut sudah di-uninstall. Lakukan secara rutin untuk membersihkan hardisk.
  • Tata ulang atau rapikan posisi data didalam hardisk, baik itu secara manual maupun mengunakan program.
  • Lakukan pemeriksaan tentang kondisi hardisk menggunakan beberapa program khusus.
  • Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Biasakan selalu membuat backup data-data penting.
  • Jangan menyimpan file terlalu banyak pada partisi tertentu. Sediakan minimal 20 MB ruang freespace. Hal ini akan membuat PC menjadi lambat dalam menjalankan aplikasi-aplikasi pada komputer tersebut.
Itulah beberapa Tips Perawatan Fisik Hardisk dan Perawatan Digital , semoga tips ini bisa bermanfaat.
Reaksi:

Posting Komentar

[disqus][blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget