Cara Menggunakan XAMPP untuk Menjalankan PHP & MySQL


Untuk menggunakan XAMPP sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengunduhnya melalui website Apache Friends, kemudian lakukan instalasi dan jalakan modul yang ingin digunakan dengan menekan tombol start.
Untuk cara yang lebih detail, silakan ikuti langkah di bawah ini.

1. Lakukan Instalasi XAMPP

a. Silakan buka website Apache Friends, kemudian download sesuai sistem operasi Anda, pada contoh ini kami akan melakukan instalasi XAMPP di Windows.

b. Setelah selesai didownload, silakan lakukan instalasi XAMPP, dengan cara klik kanan pada file instalasi kemudian pilih Open.
c. Jika pada saat melakukan instalasi muncul peringatan yang bertujuan untuk memastikan apakah Anda akan menginstal aplikasi ini, Silakan klik Ok/Yes untuk melanjutkan instalasi.

d. Selanjutnya akan tampil pilihan aplikasi apa yang akan Anda instal dan tidak ingin Anda instal. Beberapa aplikasi akan terinstal secara otomatis untuk menjalankan website seperti Apache dan PHP.



e. Jika tujuan menggunakan XAMPP adalah untuk menjalankan WordPress di localhost, pastikan untuk MySQL dan phpMyAdmin sudah tercentang seperti gambar di atas.

f. Selanjutnya, silakan pilih folder dimana file instalasi disimpan. Pada langkah ini kami menginstalnya langsung di folder C:\XAMPP. Hal ini karena untuk UAC tidak kami nonaktifkan.

g. Akan tampil halaman yang menanyakan apakah Anda ingin menginstal Bitnami untuk XAMPP, yang akan berguna untuk melakukan instalasi beberapa CMS seperti WordPress, Drupal, dan Joomla.

h. Karena pada tutorial ini kami akan menunjukan kepada Anda mengenai cara melakukan instalasi WordPress secara manual, maka installer tersebut tidak dibutuhkan. Silakan hilangkan centang pada “Learn more about Bitnami for XAMPP”, kemudian klik Next.

 i. Pada langkah ini XAMPP sudah siap untuk proses instalasi, silakan klik tombol Next.









j. Jika sudah terinstal, akan tampil pertanyaan mengenai apakah Anda ingin langsung menjalankan kontrol panel. Pastikan pilihan tersebut sudah tercentang, kemudian klik 
tombol Finish
k. Kontrol panel akan otomatis muncul, tapi jika Anda tidak mencentang pilihan di halaman sebelumnya, maka Anda perlu membuka langsung kontrol panel melalui start menu atau folder XAMPP di komputer Anda.

l. Setelah Anda berhasil , kemudian klik Start untuk Apache dan MySQL.







Aplikasi Xampp Server Siap Digunakan


Kategori:
Reaksi:

Posting Komentar

[disqus][blogger][facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget